Pages

Minggu, 24 Juli 2011

JALAN CEPAT


·         Perbedaan  antara lari dan jalan adalah:
-          Lari           : Berisi gerakan melayang di udara
-          Jalan        : Tidak ada saat melayang

·         Start
-          Menggunakan start berdiri
-          Posisi kaki : kaki kiri dibelakang garis start dan kaki kanan dibelakang kaki kiri.

·         Saat bejalan

-          Mengangkat paha, kaki ayun kedepan secara bergilir
-          Ada 3 hal yang kita perlu perhatikan saat berjalan yaitu; menolak, recafree, mendarat
-          MENOLAK dilaksanakan pada saat kaki akan melangkah/setelah mendarat, menolak menggunakan ujung kaki.
-          RECAFRREE  adalah gerakan kaki setelah menolak dengan mengangkat lutut untuk melangkah dan mendarat.
-          MENDARAT dilaksanakan dengan tumit kaki, yaitu tumit kaki yang paling dahulu menyentuh tanah.
-          Posisi badan sedikit condong ke depan.
-          Siku dilipat membentuk sudut 90 derajat.
-          Gerakan tangan seirama dengan gerakan kaki.

·         Finish
Mencapai finish dengan berjalan secepat-cepatnya.

·         Kesalahan-kesalahan yang mungkin terjadi :
-          Tungkai kaki kurang lemas
-          Ayunan lengan yang kaku
-          Tidak bagusnya koordinasi antara kaki dan lengan
-          Terdapat gerakan melayang
-          Mendarat dengan semua kaki

·         Dalam jalan cepat yang terpenting adalah cara memindahkan berat badan dari satu kaki ke kaki yang lain.

Jumat, 22 Juli 2011

Lari jarak pendek (SPRINT)

  • Dalam lari jarak pendek terdapat 4 tahap yang perlu di perhatikan, yaitu: 
    - Tahap Persiapan
    - Tahap Memasuki/Memulai Start
    - Tahap Lari
    - Tahap Memasuki Finish
  • Tahap Persiapan
Pada tahap ini yang ditekankan adalah sikap relaksasi, yaitu dengan menarik nafas agar pelari dapat lebih relaks. Adapun gerakanya yaitu; mengangkat kedua tangan sambil menarik nafas, dilanjutkan dengan menurunkan tangan dengan memulai sikap start serta menghembuskan nafas seiring dengan gerakan tangan ke bawah. "SEBELUM MENGAMBIL NAFAS PELARI HARUS MENGUKUR JARAK START DENGAN UKURAN 1 1/2 TELAPAK KAKI DARI GARIS START".
  • Tahap Start
          Didalam lari jarak pendek, start yang digunakan adalah start jongkok. dimana start jongkok ada 3
          yaitu :           - Bunc Start (Start Pendek)
                              - Medium Start (Start Menengah)
                              - Long Start (Start Panjang)
           Pada saat start akan terdapat 3 aba-aba yaitu; Bersedia, Siap, Iya/ Suara Pistol
  • Tahap Lari
           - Dalam lari sprint sebaiknya menguasai lari hanoman dan lari kijang. Ini bertujuan agar pelari dapat
              melaksanakan teknik lari dengan benar, sehingga mendapatkan kecepatan yang maksimal.
           - Untuk memperoleh kecepatan maksimal :
                   * Lari dengan ujung kaki
                   * Badan condong kedepan 60 derajat
                   * Siku dilipat membentuk sudut 90 derajat
  • Tahap Finish
          1. Berlari secepat mungkin melewati finish
          2. Merebahkan badan seperti orang jatuh tanpa mengurangi kecepatan
          3. Memutar bahu kanan atau kiri.
  • Lintasan dan Jarak
          Lebar                      :   1,22 m
          Tebal Garis             :        5 m
          Tinggi Tiang Finish   :    1,50 m
          Jarak                       :    100m, 200m, 400m

Selasa, 19 Juli 2011

CONTOH PROGRAM LATIHAN BOLA BASKET

MINGGU HARI JENIS LATIHAN SASARAN
1 SELASA - Lari 3x keliling lapangan sepak bola
- Pengenalan awal permainan bola basket
- Pengenalan teknik passing dasar - Daya tahan awal
- Menumbuhkan minat
- Gambaran mengenai latihan
KAMIS
JUMAT
MINGGU - Lari 3x keliling lapangan sepak bola
- Lari kijang, lari hanoman, shuttle run, zig-zag run.
- Pengenalan teknik passing dasar - Daya tahan awal
- Kecepatan
- Kelincahan
- Kemantapan passing
2 SELASA
JUMAT - Lari 5x keliling lapangan sepak bola
- Latihan kecepatan kaki, lompat kodok, naik turun tangga
- Teknik passing - Daya tahan
- Kecepatan
- Power lompatan
- Kemantapan passing
KAMIS
MINGGU - Lari 3x keliling lapangan sepak bola
- Lari kijang, lari hanoman, shuttle run, zig-zag run.
- Latihan kecepatan kaki, lompat kodok, naik turun tangga
- Teknik passing - Daya tahan
- Kelincahan
- Kecepatan
- Kemantapan passing
RENCANA PROGRAM LATIHAN EXSTAKULIKULAR BASKET
PROGRAM MINGGUAN

PERIODE 1
PEMBENTUKAN KONDISI FISIK FASE AWAL
3 SELASA

JUMAT - Lari 5x keliling lapangan sepak bola
- Lari kijang, lari hanoman, shuttle run, zig-zag run
- Latihan kecepatan kaki, lompat kodok, naik turun tangga
- rekreasi treaning, latihan kuda-kuda, lari sprint 400 meter, latihan kekuatan lonacatan
- Teknik passing - Daya tahan
- Kecepatan
- Kelincahan
- Kemantapan passing
- Power lompatan
- Kekuatan tungkai
- Kemantapan kuda-kuda
KAMIS
MINGGU - Lari 7x keliling lapangan sepak bola
- Lari kijang, lari hanoman, shuttle run, zig-zag run.
- Latihan kecepatan kaki, lompat kodok, naik turun tangga
- Teknik passing - Daya tahan l
- Kecepatan
- Kelincahan
- Kemantapan passing
- Kelincahan
- Power lompatan
4 SELASA
JUMAT - Lari 10x keliling lapangan sepak bola
- Lari kijang, lari hanoman, shuttle run, zig-zag run.
- Latihan kecepatan kaki, lompat kodok, naik turun tangga
- Teknik passing - Daya tahan l
- Kecepatan
- Kelincahan
- Kemantapan passing
- Kelincahan
- Power lompatan
KAMIS
MINGGU - Lari 7x keliling lapangan sepak bola
- Lari kijang, lari hanoman, shuttle run, zig-zag run
- Latihan kecepatan kaki, lompat kodok, naik turun tangga
- rekreasi treaning, latihan kuda-kuda, lari sprint 400 meter, latihan kekuatan lonacatan
- Teknik passing
- Pengenalan teknik lay-up - Daya tahan
- Kecepatan
- Kelincahan
- Kemantapan passing
- Power lompatan
- Kekuatan tungkai
- Kemantapan kuda-kuda
- Pengenalan lay-up


PERIODE 2
PEMBENTUKAN KONDISI FISIK FASE PENURUNAN BEBAN
MINGGU HARI JENIS LATIHAN SASARAN
5 SELASA - Sirkuit training
- Lari 3x keliling lapangan sepak bola - Menghadirkan suasana baru
- Daya tahan
KAMIS - Lari 5x keliling lapangan sepak bola
- Lari kijang, lari hanoman, shuttle run, zig-zag run
- Latihan dasar lay-up
- Latihan passing - Daya tahan
- Kecepatan
- Power lompatan
- Kemantapan passing dan lay-up
JUMAT
MINGGU - Lari 5x keliling lapangan sepak bola
- Lari kijang, lari hanoman, shuttle run, zig-zag run
- Latihan kecepatan kaki, lompat kodok, naik turun tangga
- Teknik lay-up - Daya tahan
- Kecepatan
- Kelincahan
- Kemantapan lay-up
SELASA - Lari 7x keliling lapangan sepak bola
- Lari kijang, lari hanoman, shuttle run, zig-zag run
- Latihan kecepatan kaki, lompat kodok, naik turun tangga
- Teknik lay-up
- Teknik passing - Daya tahan
- Kelincahan
- Kecepaatan
- Kemantapan lay-up dan passing
KAMIS - Lari 5x keliling lapangan sepak bola
- Lari kijang, lari hanoman, shuttle run, zig-zag run
- Latihan kecepatan kaki, lompat kodok, naik turun tangga
- rekreasi treaning, latihan kuda-kuda, lari sprint 400 meter, latihan kekuatan lonacatan - Daya tahan
- Kecepatan
- Kelincahan
- Kemantapan passing
- Power lompatan
- Kekuatan tungkai
JUMAT - Lari 7x keliling lapangan sepak bola
- Lari kijang, lari hanoman, shuttle run, zig-zag run
- Latihan kecepatan kaki, lompat kodok, naik turun tangga
- Teknik lay-up
- Teknik passing - Daya tahan
- Kecepatan
- Kelincahan
- Kemantapan passing
- Power lompatan
- Kekuatan tungkai
- Kemantapan kuda-kuda
- Pengenalan lay-up
SABTU - Lari 5x keliling lapangan sepak bola
- Sirkuit Trainning - Daya tahan
MINGGU - Lari 5x keliling lapangan sepak bola
- Lari kijang, lari hanoman, shuttle run, zig-zag run
- Latihan kecepatan kaki, lompat kodok, naik turun tangga
- rekreasi treaning, latihan kuda-kuda, lari sprint 400 meter, latihan kekuatan lonacatan.
- Latihan lay-up - Daya tahan
- Kecepatan
- Kelincahan
- Kemantapan passing
- Power lompatan
- Kekuatan tungkai
- Kemantapan kuda-kuda
- Pengenalan lay-up
7 SELASA - Lari 10x keliling lapangan sepak bola
- Lari kijang, lari hanoman, shuttle run, zig-zag run
- Latihan kecepatan kaki, lompat kodok, naik turun tangga
- Teknik lay-up - Daya tahan l
- Kecepatan
- Kelincahan
- Kemantapan lay-up
- Kelincahan
- Power lompatan
KAMIS - Lari 7x keliling lapangan sepak bola
- rekreasi treaning, latihan kuda-kuda, lari sprint 400 meter, latihan kekuatan lonacatan
- teknik lay-up
- pengenalan shooting - Daya tahan
- Kecepatan
- Power lompatan
- Kemantapan passing dan lay-up
JUMAT - Lari 10x keliling lapangan sepak bola
- Lari kijang, lari hanoman, shuttle run, zig-zag run
- Latihan kecepatan kaki, lompat kodok, naik turun tangga
- rekreasi treaning, latihan kuda-kuda, lari sprint 400 meter, latihan kekuatan lonacatan - Daya tahan
- Kecepatan
- Kelincahan

- Power lompatan
- Kekuatan tungkai
- Kemantapan kuda-kuda
MINGGU - Lari 10x keliling lapangan sepak bola
- Sirkuit trainning - Daya tahan
8 SELASA - FARTLEK
JUMAT - BURN OFF



PERIODE 3
FASE PERMAINAN DAN WAIGHT TRAINNING
MINGGU HARI JENIS LATIHAN/ALAT SASARAN METODE
LATIHAN
1 SENIN - Angkat Barbel
- Preacher Curl
- Permainan setengah lapangan
- Kekuatan tangan,
pergelangan tangan.
- Kekuatan jari.
- Kekuatan lengan
- Kekuatan lengan
- Mengasah teknik basket
- System set
RABU - System set

JUMAT - System set
SABTU - Pertandingan Persahabatan - Mental
2 SENIN - Angkat Barbel
- Preacher curl
- Bent arm
- Pull down
- Permainan pola umum - Kekuatan tangan,
pergelangan tangan.
- Kekuatan jari.
- Kekuatan lengan
- Kekuatan lengan
- Memperkenalkan cara bermain tim
- keseimbangan System set

RABU System set

JUMAT System set
SABTU - Latihan pola khusus - mengasah taktik
3 SENIN - Angkat Barbel
- Preacher curl
- Bent arm
- Pull down
- Permainan pola khusus - Kekuatan tangan,
pergelangan tangan.
- Kekuatan jari.
- Kekuatan lengan
- Kekuatan lengan
- Mengasah taktik
- keseimbangan System set
RABU
JUMAT
MINGGU - Pertandingan Persahabatan - mental System set
4 SENIN - Angkat Barbel
- Preacher curl
- Bent arm
- Pull down
- Permainan pola umum - Kekuatan tangan,
pergelangan tangan.
- Kekuatan jari.
- Kekuatan lengan
- Kekuatan lengan
- Memperkenalkan cara bermain tim
- keseimbangan System set
RABU
JUMAT
SABTU - Permainan Pola khusus - mengasah taktik
5 SENIN - Angkat Barbel
- Preacher curl
- Leg press
- Permainan pola khusus - Kekuatan tangan,
pergelangan tangan.
- Kekuatan jari.
- Kekuatan lengan
- Kekuatan lengan
- Mengasah taktik
- Kekuatan kaki System set
RABU
JUMAT
MINGGU Pertandingan Persahabatan - mental
6 SENIN - Angkat Barbel
- Preacher curl
- Leg press
- Permainan pola khusus - Kekuatan tangan,
pergelangan tangan.
- Kekuatan jari.
- Kekuatan lengan
- Kekuatan lengan
- Mengasah taktik
- Kekuatan kaki System set
RABU
JUMAT
SABTU Pemainan pola khusus - Mengasah taktik
7 SENIN - Angkat Barbel
- Preacher curl
- Leg press - Kekuatan tangan,
pergelangan tangan.
- Kekuatan jari.
- Kekuatan lengan
- Kekuatan lengan
- Kekuatan kaki System set
RABU
JUMAT
MINGGU







RENCANA PROGRAM LATIHAN EXSTAKULIKULAR BASKET
PROGRAM TAHUNAN


PERIODE DURASI
LATIHAN KEGIATAN SASARAN KET
1 4 Minggu Pembentukan kondisi fisik awal Terbentuknya kondisi fisik yang bagus dari atlit -
2 4 Minggu Masa Penurunan beban Penyesuaian beban dengan kondisi atlet -
3 7 Minggu Wight training dan permainan Membentuk kebugaran dan permainan atlit -














RENCANA PROGRAM LATIHAN EXSTAKULIKULAR BASKET
PROGRAM HARIAN


NO JENIS KEGIATAN WAKTU KETERANGAN
1 Doa bersama 10 menit Memohon keselamatan agar selamat dalam melakukan kegiatan
2 Penjelasan mengenai latihan 10 menit Agar atlet mengerti tujuan dan teknikdari latihan
2 Jogging 5 menit 3x keliling lapangan basket
3 Peregangan statis dan dinamis 30 menit Warming up untuk menghindari terjadinya cedera
4 Kegiatan Utama Max 11/2 jam Mengacu kepada latihan yang sedang di fokuskan
6 Cooling down 10 menit Masa pemulihan kembali
7 Hasil evaluasi 15 menit Mengoreksi dan memberikan arahan yang benar mengenai latihan
8 Doa bersama 5 menit Mengucapkan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa

permainan rekreasi barter to puzzle

BAB I
PENDAHULUAN


1.1. Latar Belakang
Dalam kesibukan masyarakat, olahraga sering menjadi pertanyaan karena masih banyak masyarakat yang menganggap olahraga itu sebagai aktivitas sampingan yang tidak berguna atau tidak berorientasi pada uang. Olahraga juga dianggap sebagai suatu kegiatan yang melelahkan dan akan mengganggu kesibukan mereka, padahal pada kenyataannya olahraga sangat berperan penting dalam kehidupan kita terutama dalam bidang kesehatan. Maka dari itu, sebagai olahragawan kita perlu memberikan suasana baru agar olahraga dapat lebih menarik dan tidak menjadi beban bagi peserta. Dalam masalah ini dibuatlah suatu olahraga yang sering disebut olahraga rekreasi, dimana rekreasi merupakan salah satu kegiatan suka rela yang dilaksanakan pada waktu luang. Kegiatan suka rela ini dilakukan untuk memberikan dorongan kepada peserta guna terciptanya kesehatan jasmani dan rohani bagi peserta.
Dalam makalah ini akan dijelaskan mengenai suatu permainan rekreasi yang kami namakan “ BARTER TO PUZZLE “. Permainan ini terdiri dari 4 grup dan masing-masing grup minimal diikuti oleh 8 orang. Permainan dapat menumbuhkan rasa solidaritas antara peserta karena membutuhkan kekompakan dalam permainannya.

1.2. Rumusan Masalah
• Apa yang di maksud dengan permainan barter to puzzle ?
• Bagaimana teknis permainan barter to puzzle ?
• Apa saja peraturan-peraturan permainannya ?
• Seperti apa bentuk lapangan dari permainan barter to puzzle ?
• Alat dan bahan apa yang diperlukan dalam permainan ?
1.3. Tujuan
• Upaya dalam pemulihan kelelahan
• Sebagai media rileksasi/penanganan stress
• Menumbuhkan suasana kehidupan yang gembira
• Menjalin hubungan social antar peserta

1.4. Manfaat
• Secara Teori

- Dengan berolahraga rekreasi, dapat menumbuhkan semangat baru bagi pesertanya
- Permainan rekreasi dapat menciptakan kesehatan jasmani dan rohani bagi pesertanya

• Secara Praktek

- Seseorang akan lebih energic dalam bekerja
- Akan menumbuhkan jiwa social bagi peserta
- Menumbuhkan rasa solidaritas











BAB II
PEMBAHASAN

2.1 Pengertian Barter To Pazzle
Permainan barter to pazzle merupakan salah satu permainan rekreasi yang terdiri dari 7 permainan. Pada dasarnya permainan ini berasal dari kata barter yang berarti pertukaran barang dan pazzle yang merupakan permainan untuk merangkai gambar. Jadi permainan barter to pazzle adalah permainan menyusun pazzle dimana untuk dapat menyusun pazzle tersebut, peserta memerlukan koin yang di dapat dengan cara bertukar barang di setiap permainannya. Peserta permainan terdiri dari 4 grup dan masing-masing grup minimal diikuti oleh 8 peserta. Permainan ini adalah permainan untuk membina solidaritas antar peserta.

2.2 Teknis permainan
Dalam perminan rekreasi barrter to puzzel terdiri dari 7 permainan yang paling berhubungan, adapun teknis permainannya seperti berikut:
Permainan 1
1. Pemain berada garis start, sebelum permainan dimulai
2. Pemain berjejer kebelakang membentuk barisan masing-masing kelompok, dan dalam posisi jongkok.
3. Setelah memulai start, peserta berjalan jongkok dan berbaris untuk mengambil sebuah bendera.
4. Setelah mendapatkan bendera peserta melanjutkan perjalanan berbalik untuk mengambil sebuah cawan. Cawan akan ditebus dengan bendera yang di bawa peserta
5. Setelah menukar cawan, peserta menuju finish dengan mebawa cawan dan melanjutkan ke permainan 2
Permainan 2
1. Permainan 2 dimulai apabila permainan 1 semua peserta grup sudah mencapai finish.
2. Dengan cawan yang ditebus pada permainan 1, peserta mengambil air pada pengisian yang telah disediakan.
3. Setelah cawan terisi cawan diangkat dengan menggunakan tali yang diikat di pinggiran cawan. Dan peserta grup bersama-sama menuju tempat penuangan.
4. Air di dalam cawan di tuangkan di sebuah wadah, dimana di dalam wadah berisi bola tenis meja.
5. Inti permainan ini adalah mengambil bola tenis meja tersebut menggunakan mulut. Sehingga peserta harus mengisi wadah sampai penuh.
6. Setelah peserta mendapatkan bola, semua peserta berlari menuju permainan ke 3

Permainan 3
1. Permainan 3 dapat dimulai apabila peserta sudah mendapatkan bola.
2. Bola yang di dapat padaermainan 2 ditukar untuk mendapatkan alat komunikasi.
3. Setelah alat komuniksi di dapatkan, pesrta pemandu memandu se timnya dengan mengambil undian dan menggunakan alat komunikasi.
4. Alat komunikasi digunakan untuk membantu teman se tim untuk melewati permainan.
5. Setelah semua melewati medan, langsung dapat melanjutkan ke permainan 4.


Permainan 4
1. Permainan 4 dapat berjalan apabila semua anggota grup telah melewati permainan 3.
2. Peserta memasang ikatan terong yang telah disediakan pada punggung peserta(boleh di bantu teman se tim).
3. Pemain yang diikatkan terong menggiring bola dengan terongnya.
4. Pemain harus mampu memasukkan bola ke gawang yang telah di sediakan.
5. Setelah bola masuk, peserta memasang alat menggiring ke teman yang akan mendapatka giliran.
6. Pemain menuju permainan berikutnya.

Permainan 5
1. Permainan di mulai apabila seluruh anggota sudah melewati permainan 4.
2. Pemain pertama merayap sampai ke ujung lapangan dan mengambil satu koin yang telah disediakan.
3. Dengan membawa koin peserta kembali merayap ke tempat semula dan dilanjutkan oleh pemain selanjutnya.

Permainan 6
1. Permainan dimulai setelah semua pemain sudah melewati permainan ke 5.
2. Masing masing grub harus menggotong anggotanya melewati lintasan dan koin harus tetap dipertahankan.
3. Menggotong peserta harus dilakukan oleh 3 peserta di grubnya dengan membuat pondasi menggunakan tangannya.
4. Peserta yang menggotong boleh digantikan oleh peserta yang telah melewati lintasan.
5. Setelah peserta mencapai tujuan, peserta diperbolehkan langsung melanjutkan ke permainan selanjutnya.
Permainan 7

1. Setelah melewati permainan 6, peserta harus menukarkan koin untuk mendapatkan pazzle di pos yang telah di sediakan.
2. Bahan pazzle yang asli ada 12 potong, jadi peserta bisa memiliki potongan yang lebih saat menyusun.
3. Apabila pazzle telah selesai disusun, ketua kelompok harus segera menuju tempat bendera dan mengangkat bendera sesuai nomor kedatangannya.


2.3 Peraturan Permainan
Permainan barter of pazzle juga memiliki peraturan yang harus ditaati oleh pemain. Adapun peraturan-peraturannya adalah sebagai berikut:

Permainan 1
1. Permainan dimulai apabila terdengar suara peluit panjang oleh panitia start.
2. Apabila salah satu grup atau lebih melakukan start lebih awal, maka permainan akan diulang.
3. Apabila salah satu peserta ketahuan tidak jongkok pada saat berjalan, maka grup yang melanggar harus mengulang dari awal.
4. Barisan tidak boleh teputus atau harus saling terhubung satu sama lain.
5. Yang mengambil dan menukar bendera saat memutar adalah peserta paling belakang.
6. Membawa bendera harus menggunakan mulut dan tidak boleh sampai terjatuh.
Nb. Bagi peserta yang melanggar ketentuan, grup tersebut harus mengulang dari awal.


Permainan 2
1. Pengisian dan penuangan air dalam cawan tidak boleh menggunakan tangan.
2. Peserta grup tidak boleh melewati garis batas lapangan
3. Mengambil dan membawa bola harus menggunakan mulut sampai bola ditukar dengan alat komunikasi.
4. Bola tidak boleh sampai jatuh dan rekan satu timnya boleh membantu dengan menggunakan mulut didalam perjalanan menukar bola.
Nb. Bagi peserta yang melanggar ketentuan, grup tersebut harus mengulang dari awal permainan 2.

Permainan 3
1. Alat komunikasi dapat diambil atas ijin panitia
2. Saat mengambil undian peserta pemandu harus berada pada tempat yang disediakan.
3. Pemandu tidak boleh digantikan.
4. Saat berkomunikasi tidak boleh terdengar oleh juri pengawas.
5. Peserta harus melangkah sesuai dengan intruksi pada undian
Nb. Apabila peserta tidak memenuhi persyaratan diatas, peserta harus mengulang permainan.
Permainan 4
1. Tali pada terong tidak boleh di pegang
2. Bola tidak boleh keluar lintasan
3. Jika bola tidak masuk harus mengulang
Nb. Setiap persyaratan yang dilanggar harus mengulang


Permainan 5
1. Pada saat merayap tidak boleh mengenai tali diatas medan.
2. Mengambil koin dengan mulut.
3. Koin tidak boleh jatuh.
Nb. Setiap persyaratan yang dilanggar, permainan harus diulang.
Permainan 6
1. Peserta harus mengotong dari luar garis start
2. Yang bertugas menggotong harus 3 orang
3. Peserta yang digotong tidak boleh menyentuh tanah.
4. Peserta yang digotong boleh diturunkan apabila sudah mencapai garis batas akhir.
Nb. Bagi peserta yang melanggar ketentuan, grup tersebut harus mengulang dari awal permainan 6.

Permainan 7
1. Tidak boleh mengganggu grup lain.
2. Semua peserta grup berada didalam area pemasangan pazzle.
Nb. Bagi peserta yang melanggar ketentuan, grup tersebut dinyatakan diskualifikasi.

2.4 Alat dan bahan
Permainan 1
• Bendera : 4
• Cawan : 4
• Tali penggantung cawan


Permainan 2
• Ember :4
• Botol minuman besar terpotong : 4
• Bola tenis meja : 4
• Air

Permainan 3
• Alat komunikasi : 4
• Tepung
• Kertas undian

Permainan 4
• Terong : 8
• Bola : 8
• Gawang : 4

Permainan 5
• Buah : 4
• Koin : 40
• Kecap

Permainan 7
• Puzzel
• Double tip
• Ember : 4


Umum
• Bendera merah
• Bendera biru
• Bendera kuning
• Tali rapia
• Paku
• Bambu


2.5 Lapangan Permainan

Gambaran lapangan dihalaman berikutnya.