Pages

Selasa, 19 Juli 2011

permainan rekreasi barter to puzzle

BAB I
PENDAHULUAN


1.1. Latar Belakang
Dalam kesibukan masyarakat, olahraga sering menjadi pertanyaan karena masih banyak masyarakat yang menganggap olahraga itu sebagai aktivitas sampingan yang tidak berguna atau tidak berorientasi pada uang. Olahraga juga dianggap sebagai suatu kegiatan yang melelahkan dan akan mengganggu kesibukan mereka, padahal pada kenyataannya olahraga sangat berperan penting dalam kehidupan kita terutama dalam bidang kesehatan. Maka dari itu, sebagai olahragawan kita perlu memberikan suasana baru agar olahraga dapat lebih menarik dan tidak menjadi beban bagi peserta. Dalam masalah ini dibuatlah suatu olahraga yang sering disebut olahraga rekreasi, dimana rekreasi merupakan salah satu kegiatan suka rela yang dilaksanakan pada waktu luang. Kegiatan suka rela ini dilakukan untuk memberikan dorongan kepada peserta guna terciptanya kesehatan jasmani dan rohani bagi peserta.
Dalam makalah ini akan dijelaskan mengenai suatu permainan rekreasi yang kami namakan “ BARTER TO PUZZLE “. Permainan ini terdiri dari 4 grup dan masing-masing grup minimal diikuti oleh 8 orang. Permainan dapat menumbuhkan rasa solidaritas antara peserta karena membutuhkan kekompakan dalam permainannya.

1.2. Rumusan Masalah
• Apa yang di maksud dengan permainan barter to puzzle ?
• Bagaimana teknis permainan barter to puzzle ?
• Apa saja peraturan-peraturan permainannya ?
• Seperti apa bentuk lapangan dari permainan barter to puzzle ?
• Alat dan bahan apa yang diperlukan dalam permainan ?
1.3. Tujuan
• Upaya dalam pemulihan kelelahan
• Sebagai media rileksasi/penanganan stress
• Menumbuhkan suasana kehidupan yang gembira
• Menjalin hubungan social antar peserta

1.4. Manfaat
• Secara Teori

- Dengan berolahraga rekreasi, dapat menumbuhkan semangat baru bagi pesertanya
- Permainan rekreasi dapat menciptakan kesehatan jasmani dan rohani bagi pesertanya

• Secara Praktek

- Seseorang akan lebih energic dalam bekerja
- Akan menumbuhkan jiwa social bagi peserta
- Menumbuhkan rasa solidaritas











BAB II
PEMBAHASAN

2.1 Pengertian Barter To Pazzle
Permainan barter to pazzle merupakan salah satu permainan rekreasi yang terdiri dari 7 permainan. Pada dasarnya permainan ini berasal dari kata barter yang berarti pertukaran barang dan pazzle yang merupakan permainan untuk merangkai gambar. Jadi permainan barter to pazzle adalah permainan menyusun pazzle dimana untuk dapat menyusun pazzle tersebut, peserta memerlukan koin yang di dapat dengan cara bertukar barang di setiap permainannya. Peserta permainan terdiri dari 4 grup dan masing-masing grup minimal diikuti oleh 8 peserta. Permainan ini adalah permainan untuk membina solidaritas antar peserta.

2.2 Teknis permainan
Dalam perminan rekreasi barrter to puzzel terdiri dari 7 permainan yang paling berhubungan, adapun teknis permainannya seperti berikut:
Permainan 1
1. Pemain berada garis start, sebelum permainan dimulai
2. Pemain berjejer kebelakang membentuk barisan masing-masing kelompok, dan dalam posisi jongkok.
3. Setelah memulai start, peserta berjalan jongkok dan berbaris untuk mengambil sebuah bendera.
4. Setelah mendapatkan bendera peserta melanjutkan perjalanan berbalik untuk mengambil sebuah cawan. Cawan akan ditebus dengan bendera yang di bawa peserta
5. Setelah menukar cawan, peserta menuju finish dengan mebawa cawan dan melanjutkan ke permainan 2
Permainan 2
1. Permainan 2 dimulai apabila permainan 1 semua peserta grup sudah mencapai finish.
2. Dengan cawan yang ditebus pada permainan 1, peserta mengambil air pada pengisian yang telah disediakan.
3. Setelah cawan terisi cawan diangkat dengan menggunakan tali yang diikat di pinggiran cawan. Dan peserta grup bersama-sama menuju tempat penuangan.
4. Air di dalam cawan di tuangkan di sebuah wadah, dimana di dalam wadah berisi bola tenis meja.
5. Inti permainan ini adalah mengambil bola tenis meja tersebut menggunakan mulut. Sehingga peserta harus mengisi wadah sampai penuh.
6. Setelah peserta mendapatkan bola, semua peserta berlari menuju permainan ke 3

Permainan 3
1. Permainan 3 dapat dimulai apabila peserta sudah mendapatkan bola.
2. Bola yang di dapat padaermainan 2 ditukar untuk mendapatkan alat komunikasi.
3. Setelah alat komuniksi di dapatkan, pesrta pemandu memandu se timnya dengan mengambil undian dan menggunakan alat komunikasi.
4. Alat komunikasi digunakan untuk membantu teman se tim untuk melewati permainan.
5. Setelah semua melewati medan, langsung dapat melanjutkan ke permainan 4.


Permainan 4
1. Permainan 4 dapat berjalan apabila semua anggota grup telah melewati permainan 3.
2. Peserta memasang ikatan terong yang telah disediakan pada punggung peserta(boleh di bantu teman se tim).
3. Pemain yang diikatkan terong menggiring bola dengan terongnya.
4. Pemain harus mampu memasukkan bola ke gawang yang telah di sediakan.
5. Setelah bola masuk, peserta memasang alat menggiring ke teman yang akan mendapatka giliran.
6. Pemain menuju permainan berikutnya.

Permainan 5
1. Permainan di mulai apabila seluruh anggota sudah melewati permainan 4.
2. Pemain pertama merayap sampai ke ujung lapangan dan mengambil satu koin yang telah disediakan.
3. Dengan membawa koin peserta kembali merayap ke tempat semula dan dilanjutkan oleh pemain selanjutnya.

Permainan 6
1. Permainan dimulai setelah semua pemain sudah melewati permainan ke 5.
2. Masing masing grub harus menggotong anggotanya melewati lintasan dan koin harus tetap dipertahankan.
3. Menggotong peserta harus dilakukan oleh 3 peserta di grubnya dengan membuat pondasi menggunakan tangannya.
4. Peserta yang menggotong boleh digantikan oleh peserta yang telah melewati lintasan.
5. Setelah peserta mencapai tujuan, peserta diperbolehkan langsung melanjutkan ke permainan selanjutnya.
Permainan 7

1. Setelah melewati permainan 6, peserta harus menukarkan koin untuk mendapatkan pazzle di pos yang telah di sediakan.
2. Bahan pazzle yang asli ada 12 potong, jadi peserta bisa memiliki potongan yang lebih saat menyusun.
3. Apabila pazzle telah selesai disusun, ketua kelompok harus segera menuju tempat bendera dan mengangkat bendera sesuai nomor kedatangannya.


2.3 Peraturan Permainan
Permainan barter of pazzle juga memiliki peraturan yang harus ditaati oleh pemain. Adapun peraturan-peraturannya adalah sebagai berikut:

Permainan 1
1. Permainan dimulai apabila terdengar suara peluit panjang oleh panitia start.
2. Apabila salah satu grup atau lebih melakukan start lebih awal, maka permainan akan diulang.
3. Apabila salah satu peserta ketahuan tidak jongkok pada saat berjalan, maka grup yang melanggar harus mengulang dari awal.
4. Barisan tidak boleh teputus atau harus saling terhubung satu sama lain.
5. Yang mengambil dan menukar bendera saat memutar adalah peserta paling belakang.
6. Membawa bendera harus menggunakan mulut dan tidak boleh sampai terjatuh.
Nb. Bagi peserta yang melanggar ketentuan, grup tersebut harus mengulang dari awal.


Permainan 2
1. Pengisian dan penuangan air dalam cawan tidak boleh menggunakan tangan.
2. Peserta grup tidak boleh melewati garis batas lapangan
3. Mengambil dan membawa bola harus menggunakan mulut sampai bola ditukar dengan alat komunikasi.
4. Bola tidak boleh sampai jatuh dan rekan satu timnya boleh membantu dengan menggunakan mulut didalam perjalanan menukar bola.
Nb. Bagi peserta yang melanggar ketentuan, grup tersebut harus mengulang dari awal permainan 2.

Permainan 3
1. Alat komunikasi dapat diambil atas ijin panitia
2. Saat mengambil undian peserta pemandu harus berada pada tempat yang disediakan.
3. Pemandu tidak boleh digantikan.
4. Saat berkomunikasi tidak boleh terdengar oleh juri pengawas.
5. Peserta harus melangkah sesuai dengan intruksi pada undian
Nb. Apabila peserta tidak memenuhi persyaratan diatas, peserta harus mengulang permainan.
Permainan 4
1. Tali pada terong tidak boleh di pegang
2. Bola tidak boleh keluar lintasan
3. Jika bola tidak masuk harus mengulang
Nb. Setiap persyaratan yang dilanggar harus mengulang


Permainan 5
1. Pada saat merayap tidak boleh mengenai tali diatas medan.
2. Mengambil koin dengan mulut.
3. Koin tidak boleh jatuh.
Nb. Setiap persyaratan yang dilanggar, permainan harus diulang.
Permainan 6
1. Peserta harus mengotong dari luar garis start
2. Yang bertugas menggotong harus 3 orang
3. Peserta yang digotong tidak boleh menyentuh tanah.
4. Peserta yang digotong boleh diturunkan apabila sudah mencapai garis batas akhir.
Nb. Bagi peserta yang melanggar ketentuan, grup tersebut harus mengulang dari awal permainan 6.

Permainan 7
1. Tidak boleh mengganggu grup lain.
2. Semua peserta grup berada didalam area pemasangan pazzle.
Nb. Bagi peserta yang melanggar ketentuan, grup tersebut dinyatakan diskualifikasi.

2.4 Alat dan bahan
Permainan 1
• Bendera : 4
• Cawan : 4
• Tali penggantung cawan


Permainan 2
• Ember :4
• Botol minuman besar terpotong : 4
• Bola tenis meja : 4
• Air

Permainan 3
• Alat komunikasi : 4
• Tepung
• Kertas undian

Permainan 4
• Terong : 8
• Bola : 8
• Gawang : 4

Permainan 5
• Buah : 4
• Koin : 40
• Kecap

Permainan 7
• Puzzel
• Double tip
• Ember : 4


Umum
• Bendera merah
• Bendera biru
• Bendera kuning
• Tali rapia
• Paku
• Bambu


2.5 Lapangan Permainan

Gambaran lapangan dihalaman berikutnya.